Roma 12:21 "Janganlah kamu kalah terhadap kejahatan, tetapi kalahkanlah kejahatan dengan kebaikan" Mari berbuat kebaikan bagi sesama! Gbu

Be "SMART"

Minggu, 05 Desember 2010

SMART, merupakan sebuah kata yang tercantum pada visi SEMA FSM periode 2010 / 2011 sekarang ini. Sebenarnya makna apa sieh yang terkandung pada kata SMART tersebut?

SMART is Sureness, Motivation, Ambisius, Reality, and Trust. Kalo dijabarain satu per satu, kita bakalan tahu sebenarnya apa makna kata tersebut. Tidak hanya fungsionaris SEMA FSM 2010/2011 yang memiliki SMART, tapi mahasiswa FSM juga dapat memilkinya.

Sureness, keyakinan. . . keyakinan adalah awal dari segalanya. Artinya, setiap mahasiswa harus bisa mempunyai keyakinan pada dirinya sendiri. Mahasiswa FSM mampu menjadi lulusan yang creative minority. Dapat bersaing dan berkulitas untuk dapat berguna di masyarakat. Sulit memang untuk mengawali sesuatu, tapi keyakinan lah yang bisa membuat mahasiswa FSM menjadi lulusan yang ‘beda’ dari lulusan yang lain.

Motivation, ketika kita memiliki keyakinan yang kuat pada diri sendiri, maka secara tidak langsung kita pasti mempunyai motivasi yang kuat pula untuk melakukan berbagai cara menggapai impian kita. Impian menjadi lulusan yang creative minority, mampu bersaing, dan berkualitas. Tentunya dengan cara – cara yang baik. Berbagai motivasi yang muncul, dari diri sendiri, dari teman, dan terlebih dari pihak fakultas yang dapat diperlihatkan melalui pelayanan yang maksimal dari fakultas untuk mahasiswa.

Sudah ada keyakinan dan motivasi yang kuat dari setiap kita, maka akan muncul rasa keinginan untuk melakukan cara – cara tersebut secara terus menerus. Berusaha untuk menggapai mimpi tersebut. Rasa ambisius untuk melakukan cara – cara tersebut. Melakukannya dengan hati, tidak dengan paksaan atau pengaruh orang lain. Yang nantinya bisa memunculkan rasa ambisius untuk menjadi motivator bagi mahasiswa – mahasiswa fakultas lainnya.

Reality, menjadi mahasiswa yang mempunyai rasa ambisius itu tidak salah. Tetapi, kita harus tetap memandang keadaan yang ada disekeliling kita ini. Mendukung komponen – komponen yang ada disekitar kita, jangan memaksakan kehendak kita sendiri, tetap berkonsultasi dan berkoordinasi dengan fakultas.

Trust, ketika kita sudah melakukan bagian kita, dengan mempunyai keyakinan, motivasi, rasa ambisius dengan tetap melihat reality yang ada, kita juga harus memilki rasa percaya yang tinggi pada diri kita sendiri dan percaya pada Tuhan.

Saat ini, ketika kita menjadi bagian dari Fakultas Sains dan Matematika, kita harus percaya bahwa bukan suatu kebetulan ketika kita ditempatkan di fakultas ini. Karna Tuhan punya rencana untuk FSM melalui kita.

Jadi, ayow. . . kita mahasiswa FSM, mari bersatu untuk menjadi lulusan yang creative minority, mempunyai daya saing dan berkualitas, agar bermanfaat di masyarakat. . . mari membangun FSM ini menjadi fakultas yang lebih baik lagi. Jangan menjadi mahasiswa yang apatis terhadap fakultas dan lembaga kemahasiswaan. Waktu mu ada di FSM sangat singkat. Pergunakan waktu mu dengan sebaik – baiknya dan jadilah mahasiswa FSM yang SMART untuk membangun fakultas kita tercinta ini, Fakultas Sains dan Matematika. Jayalah FSM!!!

Oleh:

Jantini Trianasari Natangku

Math ’08 - FSM

0 komentar: