Roma 12:21 "Janganlah kamu kalah terhadap kejahatan, tetapi kalahkanlah kejahatan dengan kebaikan" Mari berbuat kebaikan bagi sesama! Gbu

CHEMSTAR

Kamis, 27 Januari 2011

Visi :

Menjadi Wadah Mahasiswa Kimia FSM UKSW untuk mengembangkan proffesional dan softskills dalam bidang edukasi, research, dan inovasi untuk berkonstribusi lebih kepada kota Salatiga pada umumnya, dan UKSW pada khususnya.

Misi :

Edukasi

Inovasi

Aplikasi

Bentuk Kegiatan :

Penelitian Terintegrasi

Diskusi Ilmiah

PKM (Program Kreatifitas Mahasiswa)

Temu Alumni

Promosi, Expo dan Open House

Target Capaian

Mahasiswa FSM Kimia aktif dalam diskusi ilmiah.

Mahasiswa FSM Kimia mampu menggunakan kemampuannya (softskills dan proffesional skills) dalam memecahkan masalah melalui diskusi dan penelitian kecil

Menemukan suatu Inovasi dalam bidang Kimia

Kegiatan yang telah dan sedang dilaksanakan adalah penelitian terintegrasi yang nantinya keluaran yang diharapkan ikut dalam kegaiatan PKM-AI (Artikel Ilmiah). Penelitian terintegrasi sendiri merupakan suatu acara penelitian dengan suatu tema besar, Back To Nature, yang kemudian dibagi menjadi sub tema kecil berdasarkan bidang minat yang terdapat dalam program studi kimia, yaitu kimia lingkungan, medisin, pangan, kosmetik. Adapun topik penelitiannya, sbb:

d Bid. minat pangan : Eksplorasi Kandungan Fluoride Pada Bahan Pangan

d Bid. minat lingkungan : Pemanfaatan Limbah Teh Untuk Adsorben

d Bid. minat kosmetik : Pemanfaatan Jewawut sebagai Bahan Kosmetik

d Bid. minat medisin : Anti bisa Ular dari Batang Kenanga

Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kepahaman dan minat mahasiswa mengenai bidang minat yang disediakan pada dalam program studi kimia. Bukan untuk membagi-bagi kimia menjadi bidang minat tertentu, tetapi menjadi suatu kelompok-kelompok studi kecil dengan dasar bidang minat yang kuat. Tiap kelompok terdiri dari 5 orang anggota. Kegiatan ini diharapkan selesai pada akir Februari yaitu lebih awal dari jadwal yang telah ditetapkan Dikti (31 Maret 2011).

Selain kegiatan diskusi ilmiah dan temu alumni yang akan diadakan pada bulan Maret dan April, terdapat kegiatan menarik lainnya yang berupa ekperimen dalam bentuk promosi, expo dan open house khususnya untuk SMA di Salatiga dan sekitarnya. Ekperimen tersebut terdiri dari 3 macam eksperimen yaitu fun, edukasi dan analisis. Sejauh ini (periode 2010-2011) telah dilaksanakan bersama Fakultas untuk SMA Kalam Kudus Solo dan SMA Kristen Satya Wacana Salatiga. Dalam kegiatan ini tiap anggota Chemstar diharapkan mampu mendemonstrasikan eksperimen yang telah disiapkan. Salah satu contoh eksperimen yang dipraktekkan adalah Effervescent. Terbuat dari larutan NaHCO3 dan ditambah asam sitrat. Maka akan terbentuk busa-busa yang menyebabkan sumbat pada tabung terpental.

0 komentar: